Portal Kabupaten Sijunjung

RTH Sijunjung Diresmikan Bupati Yuswir Arifin, Ribuan Masyarakat Menyaksikan

0

Muaro, MC Sijunjung – Salah satu bentuk kemajuan Ranah Lansek Manih, Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan perkotaan. Oleh karena itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin secara resmi membuka untuk umum Ruang Terbuka Hijau (RTH) tersebut.

Peresmian RTH itu disaksikan ribuan masyarakat, baik itu dari dalam Kabupaten Sijunjung maupun luar Kabupaten di lokasi RTH Simpang Logas Muaro, Jumat (31/1) malam.

Dalam laporan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Budi Syafarman menyebutkan dasar penyelenggaraan ini merupakan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 05/PRT/M2008 tentang pedoman penyediaan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan.

“Ruang Terbuka Hijau logas muaro terletak di pusat Ibukota Kabupaten yang nantinya juga akan menjdi ikon kebanggaan bagi kita sebagai masyarakat Sijunjung,” ujarnya.

Adapun sumber dananya dari APBD 2018 untuk pekerjaan pembersihan lokasi dan penataan taman sebesar Rp. 1.358.750.000,-  dan APBD 2019 sebesar Rp. 6.590.415.000,- untuk pekerjaan air mancur menari, tugu lansek, pendestrian, fitness outdoor, area bermain anak, pohon lampu dan taman lampu, pekerjaan panggung, pekerjaan taman bunga serta pekerjaan pos jaga dan genset.

Lebih jauh disebutkan Budi, untuk APBD 2020 ini guna membangun areal parkir dan pujasera (area kuliner) sudah dianggarkan dana sebesar Rp. 1.443.500.000,-.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan.

“Terima Kasih saya ucapkan kepada seluruh panitia, lapisan masyarakat, ASN, Personil TNI, Polri serta personil Instansi Vertikal lainnya yang telah ikut berpartisipasi untuk mensukseskan rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Sijunjung, mulai launching tadi pagi hingga peresmian Ruang Terbuka Hijau (RTH) malam ini,” ucapnya.

Dikatakannya, keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini merupakan jawaban atas memenuhi keinginan masyarakat kabupaten sijunjung akan tempat bermain, berwisata, berekreasi dan tentunya untuk mensejahterakan masyarakat.

“Kita selaku masyarakat sijunjung patut berbangga, karena dengan adanya RTH di pusat Ibukota Kabupaten, kita telah mempunyai ikon yang akan menjadi ciri khas di Ranah Lansek Manih Negeriku Tercinta, sehingga kita semua sudah dapat melakukan interaksi sosial dan sebagai sarana rekreasi,” ungkap Bupati dua periode itu.

Ia berharap RTH logas itu dapat meningkatkan kepariwisataan, terutama untuk meningkatkan Geopark Silokek yang merupakan julukan wisata di Kabupaten Sijunjung.

Kemudian, Bupati Yuswir juga berharap RTH itu dapat menjadi daya tarik wisata bagi masyarakat, baik itu dari dalam maupun luar kabupaten sijunjung, sehingga secara tidak langsung akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Ranah Lansek Manih.

Dan diharapkan juga kepada masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar RTH logas, mari kita bersama-sama kita optimalkan peran dan fungsi RTH dengan cara ikut menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan di lingkungan Ruang Terbuka Hijau tersebut, tutupnya.(Dicko)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.