Portal Kabupaten Sijunjung

Ratusan Peserta Ikuti Napak Tilas Padang Sibusuk Lautan Api

0

Pgd Sibusuk, MC Sijunjung – Pengurus Karang Taruna Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan napak tilas Sejarah Padang Sibusuk Lautan Api, Rabu (11/3).

Napak tilas yang diselenggarakan untuk memperingati sejarah perjuangan masyarakat Nagari Padang Sibusuk pada 11 Maret 1949, dilepas oleh Camat Kupitan, Adri, S. Pt dan diikuti ratusan peserta yang terdiri dari perangkat pemerintahan kecamatan, perangkat pemerintahan nagari, para kepala jorong, pengurus berbagai organisasi masyarakat, generasi muda, murid SD serta siswa SLTP dan SLTA yang didampingi para guru.

Untuk peserta yang cukup ramai itu, panitia pelaksana menyediakan door prize yang cukup banyak. Terdiri dari peralatan rumah tangga, peralatan untuk belajar dan untuk berolahraga serta kebutuhan harian dan makanan ringan.

Setelah dilepas oleh Camat Adri, napak tilas yang dilakukan peserta, menelusuri tempat bersejarah. Star di halaman Kantor Camat, terus ke Lambau, Simpang Stasiun, Gurun, Lereng Catio, Simpang SMKN 5, Aie Angek dan finis di Bukit Kupitan.

Melepas peserta yang ditandai dengan pengibaran bendera, dihadiri wakil ketua dan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung; Syofian Hendri dan Delfiman, Forkopimcam Kupitan, Walinagari Padang Sibusuk; Aprizaldi. D serta tokoh dan pemuka masyarakat.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kecamatan Kupitan, Camat Adri yang juga warga Nagari Padang Sibusuk mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pengurus Karang Taruna yang telah memprakarsai dan menyelenggarakan napak tilas Sejarah Padang Sibusuk Lautan Api.

Sebagaimana dilaporkan ketua Karang Taruna, Napak tilas yang diselenggarakan untuk memperingati sejarah perjuangan masyarakat Nagari Padang Sibusuk pada 11 Maret 1949, baru pertama kali dilakukan.

“Karena itu, Atas nama pemerintah dan masyarakat Kecamatan Kupitan, saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pengurus Karang Taruna yang telah memprakarsai dan menyelenggarakan napak tilas ini, dengan harapan napak tilas Sejarah Padang Sibusuk Lautan Api yang diselenggarakan tidak pertama dan terakhir. Tapi dilaksanakan setiap tahun,” harap Camat Adri.

Sebelumnya Walinagari Aprizaldi. D mengatakan, napak tilas Sejarah Padang Sibusuk Lautan Api, momentum bagi masyarakat dan generasi muda untuk mengingat dan mengetahui sejarah perjuangan yang ada di negeri ini. Karena itu, pemerintah nagari dan pengurus Karang Taruna sudah sepakat menyelenggarakan napak tilas ini setiap 11 Maret.

Ketua Karang Taruna Nagari Padang Sibusuk, Ns. H. Hariyanto Candra, S. Kep selaku ketua pelaksana mengatakan, penyelenggaraan napak tilas Sejarah Padang Sibusuk Lautan Api, adalah untuk memperingati sejarah perjuangan masyarakat Nagari Padang Sibusuk pada 11 Maret 1949.

Tujuan memperingati sejarah perjuangan itu, supaya masyarakat Nagari Padang Sibusuk selalu mengingat dan generasi muda dapat mengetahuinya. Dengan kata lain, sejarah perjuangan itu tidak hilang ditelan masa.

Supaya tujuan tercapai sesuai sasaran dan harapan, dalam napak tilas, panitia pelaksana menjelaskan kepada peserta yang mayoritas siswa dan generasi muda, tempat yang mengandung sejarah perjuangan, jelas Hariyanto Candra. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.