Portal Kabupaten Sijunjung

Puasa Bukan Hanya Menahan Haus Dan Lapar

0

Sijunjung. MC. Sijunjung, – Menunaikan ibadah puasa dalam bulan Ramadan, bukan hanya sekedar tidak minum dan tidak makan pada siang hari. Tapi juga mempuasakan anggota tubuh serta mengendalikan hawa napsu.

“Jika hanya sekedar tidak minum dan tidak makan pada siang hari, tapi tidak mempuasakan anggota tubuh serta tidak mengendalikan hawa napsu, kita tidak memperoleh apa-apa dari Allah SWT. Yang didapat hanya sekedar menahan haus dan lapar,” kata buya H. M. Thaib, Sabtu (18/5), di Muaro Sijunjung

Yang dimaksud dengan mempuasakan anggota tubuh, mata tidak melihat kepada hal yang mengandung dosa, mulut tidak menggunjingkan orang, tidak mengucapkan kata-kata yang  mubazir, telingat tidak mendengarkan kalimat yang tidak bermanfaat, tangan tidak mengambil hak dan milik orang, kaki tidak dilangkahkan kepada perbuatan maksiat.

Sedangkan yang dimaksud dengan mengendalikan hawa napsu, bisa menguasai hati, pikiran, keinginan, sikap dan perbuatan serta mampu mengendalikan kehendak, sehingga tidak melakukan hal yang dilarang Allah SWT serta hal  yang berdampak buruk terhadap diri dan keluarga.

Sebab, jika kehendak atau hawa nafsu yang diperturutkan, pada akhirnya akan berdampak buruk terhadap diri dan keluarga, karena untuk memenuhi tuntutan yang tidak terukur, tidak tertutup kemungkinan terjadinya sesuatu yang seharusnya tidak terjadi. Misalnya mengutang atau menjual dan menggadaikan barang yang dimiliki.

“Karena itu, bila kita sudah mampu mempuasakan anggota tubuh serta mengendalikan hawa napsu, baru kita termasuk orang yang diseru Allah SWT untuk menunaikan sahum  sesuai ayat suci Al Quran, “yaayyuhallazi na’amanu kutibaalaikum mussiham kama kutiba alallazina mingkablikum laallakum tattakun. Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu bersahum (berpuasa) sebagaimana orang-orang sebelum kamu, mudah-mudahan kamu bertaqwa,” kata buya.

Sebab, bila Surat Al Baqarah (ayat 183) ini dicermati, yang diseruh Allah SWT untuk berpuasa, jelas hanya orang beriman yang mampu mempuasakan anggota tubuh dan mengendalikan hawa napsu serta melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadhan sebaik dan sesempurna mungkin,  jelas M. Thaib. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.