Portal Kabupaten Sijunjung

Peringati Hari Pahlawan, Dandim 0310/SS Jadi Irup Upacara

0

Muaro, MC Sijunjung – Dandim 0310/SS Letkol Inf Dwi Putranto, SAP,M.IPol bertindak sebagai inspektur upacara, dalam rangka memperingati hari pahlawan ke 74 tahun 2019 di Lapangan. Prof.M.Yamin, SH, Muaro Sijunjung, Minggu (10/11/19).

Bertindak sebagai pemimpin upacara, Kapt.Inf. Ilham dari Koramil Koto VII, Pembacaan teks Pembukaan UUD 1945, Diah Ayu Silmaida, Pembacaan pesan-pesan pahlawan, Fadila Al Hanifah dan Fitriza Adriani dari SMAN 2 Sijunjung, Pengibar Bendera Merah Putih, Serda Abdul Haris Sofyan, Serda Kurniawan dan Serda P .Simbolon.

Upacara yang berlangsung khidmat dan tertib ini juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan Arrival Boy, Ketua DPRD, Bambang Surya Irwan, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama,Sekdakab Zefnihan, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK, Ny. En Yuswir Arifin dan Ny. Ria Arrival Boy, Organisasi Wanita, Perwira TNI/Polri, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD dan undangan lainnya.

Amanat Menteri Sosial, Juliari P Batubara yang dibacakan Dandim Letkol Inf Dwi Putranto menyebutkan, setiap Hari Pahlawan, diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surbaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia

Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

“Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia,” ucap nya.

” Dengan Peringatan Hari Pahlwan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kata Bung Karno yang menyatakan bahwa “….hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menajdi bangsa yang besar…”. Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini,” lanjutnya.

Menjadi Pahlawan masa kini dapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi – aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainnya.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahakan nyawa. sekarang, untuk menajdi pahlawa, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakt, membawa harum nama bangsa di mata Internasional.

” Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” tutupnya.(Andi)/infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.