Portal Kabupaten Sijunjung

Peringatan HPSN, Pemkab Sijunjung bersama Kodim 0310/SS Uji Coba Alat Penyulingan Sampah Plastik

0

Muaro, MC Sijunjung – Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 Februari, Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Perumahan, Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH) bekerjasama dengan Kodim 0310/SS melakukan uji coba alat penyulingan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Logas Muaro, Senin (23/3).

Hasilnya, dari 15 Kilogram bahan baku sampah plastik yang dimasukan kedalam alat penyulingan itu mampu menghasilkan Sembilan liter bahan bakar minyak (BMM) jenis bensi/premium.

Dalam laporan Kepala Dinas Perkim-LH, Riki Meinaldi Neri mengatakan berdasarkan Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor : SE.1/MENLHK-PLB3/PS/PLB.0/2/2020 tentang hari peduli sampah nasional tahun 2020.

“Berdasarkan Surat Edaran tersebut, maka kita melakukan sosialisasi pengurangan sampah plastik dan memanfaatkannya melalui alat uji coba penyulingan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak,” jelasnya.

Uji coba itu dikatakan Riki, merupakan kerjasama antara Pemkab Sijunjung dengan Kodim 0310/SS sehingga pengendalian dan pengurangan sampah plastik dapat mengurangi sampah dan bisa bermanfaat seperti yang dilihat tadi. “Limbah plastik menjadi bahan bakar minyak, ini merupakan inovasi atau karya bapak Dabirudin yaitu purnawirawan TNI Angkatan Darat asal Silaut Kabupaten Pesisir Selatan,” ujarnya.

Kemudian, Ia menargetkan pengurangan sampah sampai tahun 2025 sebesar 20% dan pengelolaan sampah sebesar 80% sesuai dengan kebijakan dan strategi daerah pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga (Jakranasda) Kabupaten Sijunjung tahun 2018.

Sementara itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengapresiasi kerjasama Dinas Perkim-LH dan Kodim 0310/SS dengan pelaksanaan uji coba alat penyulingan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak.

“Ini merupakan peluang mengenalkan dan memasarkan kepada masyarakat di Ranah Lansek Manih, sehingga kedepan dapat juga diimplementasikan di Kabupaten Sijunjung serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan pemanfaatan limbah plastik menjadi BMM,” harapnya.(Dicko)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.