Portal Kabupaten Sijunjung

Pemkec Kupitan Adakan Musrenbang

0

Kupitan, MC Sijunjung – Pemerintah Kecamatan (Pemkec) Kupitan, Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD), di Unit Daerah Kerja Pemerintah (UDKP) kecamatan tersebut, Kamis (27/2) sore.

Musrenbang yang dibuka Staf Ahli Bupati, Mashariyanto, SE, diikuti kepala OPD Pemkab Sijunjung, kepala KUA, kepala Puskesmas, kepala UPTD, ketua TP PKK, delegasi kecamatan, walinagari, kepala desa, ketua  KAN,  BPN, ketua LPM  serta kepala sekolah dan pendamping desa.

Pembukaan yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh pegawai KUA Kecamatan Kupitan; Maryati, dihadiri wakil ketua dan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung; Syofian Hendri, Yusni Darti dan Delfiman serta Forkopimcam Kupitan.

Staf ahli mengatakan, musrenbang  yang dilaksanakan setiap tahun adalah untuk  mewujudkan perencanaan yang berkualitas, akomodatif, aspiratif dan partisipatif pada masing-masing, nagari, kecamatan dan kabupaten.

Disamping itu juga merupakan mekanisme dengan pola pendekatan partisipatif yang melibatkan masyarakat di lokasi rencana pembangunan dilaksanakan.

Disadari sepenuhnya, bahwa perencanaan merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatakan kualitas pelayanan kepada rakyat. Proses perencanaan harus mampu menangkap aspirasi dan kebutuhan yang berkembang di tengah masyarakat.

Justru itu, proses perencanaan ini harus melibatkan setiap stakeholder yang ada di masyarakat, supaya bisa memberi masukan tentang berbagai masalah pembangunan, guna dicarikan solusinya.

Camat Kupitan, Ardi mengatakan, tujuan penyelenggaraan Musrenbang RKPD, membahas dan menyepakati daftar usulan rencana kegiatan pembangunan nagari dan desa yang menjadi prioritas pembangunan serta membahas dan menetapkan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan  Kupitan yang belum tercakup dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan nagari dan desa.

Supaya tujuan tercapai sesuai sasaran dan harapan, peserta Musrenbang terdiri dari kepala OPD Pemkab Sijunjung, kepala KUA, kepala Puskesmas, kepala UPTD, ketua TP PKK, delegasi kecamatan, walinagari, kepala desa, ketua  KAN,  BPN, ketua LPM  serta kepala sekolah dan pendamping desa. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.