Portal Kabupaten Sijunjung

Pembentukan Nagari Statistik Percontohan Di Sijunjung, Diskominfo Sijunjung Kunker Ke Dharmasraya

0

MC Sijunjung – Dalam rangka pembentukan Nagari Statistik percontohan di Ranah Lansek Manih, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Kamis (19/3).

Kunjungan itu dipimpin langsung Kepala Dinas Kominfo, Rizal Efendi didampingi Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Yulwaren dan Kepala Seksi Statistik, Hambali.

Dikatakan Rizal, mengapa kita studi banding ke Kabupaten Dharmasraya, khususnya Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung.

“Karena Nagari Sungai Duo tersebut sudah terpilih sebagai Nagari Statistik pertama di Sumbar, bahkan di Indonesia,” terangnya.

Ia berharap setelah kunjungan kerja ini dapat juga diimplementasikan di Sijunjung nagari statistik percontohan, sehingga dapat meningkatkan kualitas serta tata kelola data di Kabupaten Sijunjung.

Sementara itu, Kabid Statistik dan Persandian, Yulwaren juga menyebutkan tujuan studi banding itu untuk melakukan sharing atau diskusi dengan pemerintah nagari sungai duo.

“Karena nagari tersebut telah sukses dalam membentuk nagari statistik percontohan pertama di Indonesia,” sebutnya.

Kemudian dikatakan Yulwaren, keberhasilan dalam mengelola dan mengembangkan kualitas data, akan mampu memperbaiki segala segi pembangunan dan mempercepat terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

“Masalah data adalah masalah yang urgen. Apabila data di nagari salah, akan berdampak besar dalam menempatkan program dan kegiatan oleh pemerintah daerah, pemerintah provinsi, maupun pemerintah pusat,” katanya.

Untuk itu, di Kabupaten Sijunjung akan diajukan sebagai Nagari Statistik Percontohan yaitu Nagari Koto Baru Kecamatan IV Nagari, mari kita dukung dan sukseskan bersama Nagari Statistik percontohan ini,” tandasnya.

Rombongan Dinas Kominfo Sijunjung itu disambut baik oleh Sekretaris Nagari Sungai Duo, Susanti dan didampingi oleh Kasi Pemerintahan, Usman Fatah.

Ia mengucapkan selamat datang kepada Kepala Dinas Kominfo Sijunjung yang telah berkunjung ke nagari sungai duo.

Kemudian, Susanti memaparkan bahwa dalam penyelenggaraan Nagari Statistik pihaknya telah mengerahkan 80 orang kader yang bertugas untuk mengumpulkan data.

“Satu orang kader bertanggung jawab untuk 15 rumah dan untuk tahun 2020 ini kami mengharapkan Pembentukan Pokja yang melibatkan sejumlah dinas terkait, seperti Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dari hasil pemetaan yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa 90% Nagari Sungai Duo terdiri dari lahan pertanian seperti Sawit, Karet, Sawah.

Selanjutnya dari sektor pertanian ini akan didata pemiliknya, luas tanah, pelunasan pajak, termasuk pada kawasan permukiman masyarakat.

“Ada tiga manfaat langsung dari penyelenggaraan Nagari Statistik yaitu pemberdayaan masyarakat lokal sebagai petugas Statistik (Pokja), pemanfaatan Sistem Informasi serta Digitalisasi Data Statistik Nagari,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan pilot projek kampung statistik ini bersifat online. Karena itu, harus dilengkapi sistem jaringan yang handal, terkoneksi dengan satelit dan online selama 24 jam.

“Jadi ini tidak hanya sekedar wacana, namun sudah dimantapkan juga. Sudah dapat persetujuan kerjasama dengan instansi terkait, dan mendapat dukungan dari kepala daerah yaitunya Bupati Dharmasraya”, pungkasnya.(Dicko)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.