Portal Kabupaten Sijunjung

Pasar Kuliner Membantu Masyarakat Berkemampuan terbatas

0

Muaro. MC. Sijunjung, – Pasar kuliner pangan lokal dan pangan murah berkualitas yang dibuka aparatur Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung setiap Senin, di jalan menuju gedung bersama, ternyata tidak hanya sekedar melestarikan makanan khas daerah dan untuk mendukung Geopark Nasional Silokek, tapi juga membuka usaha tambahan bagi masyarakat berkemampuan terbatas.

Seorang ibu rumah tangga, Yenny, mengaku mulai menjual beberapa makanan khas daerah sejak pasar kuliner pangan lokal dan pangan murah berkualitas dibuka Senin (16/9). Alhamdulillah, sudah lima kali Senin dagangannya laris manis.

“Saya bersyukur kehadirat Allah SWT dan berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sijunjung yang telah membuka pasar kuliner pangan lokal dan pangan murah berkualitas ini, karena dengan adanya pasar yang ramai  setiap Senin ini,  kesempatan bagi saya untuk membuka usaha tambahan dengan menjual beberapa makanan khas daerah.

Artinya, pasar kuliner pangan lokal dan pangan murah berkualitas yang dibuka, sangat membatu kami masyarakat berkemampuan terbatas, karena kami bisa membuka usaha tambahan dengan menjual beberapa makanan khas daerah untuk tambahan pendapatan. Saya sendiri,  sebelum pasar kuliner dibuka, belum pernah berjualan,” kata  Yenny, Senin (14/10), setelah dagangannya habis terjual.

Menjawab Sijunjung. MC, Yenny yang mengaku dari Muaro Sijunjung, makanan khas daerah yang dia jual di pasar kuliner pangan lokal dan pangan murah berkualitas, lapek ubi, godok ubi, lapek sogan, onde-onde, kue talam dan lamang baluo.

Berbeda dengan Yenny. Kalau Yenny sudah lima kali Senin menjual makanan khas daerah  di pasar kuliner pangan lokal dan pangan murah berkualitas, Riana baru empat kali Senin menjual sambal khas daerah Kabupaten Sijunjung, pangek baluik, pangek ikan, gulai lingkitang, palai ikan, ikan baka dan karupuak jariang.

“Saya baru empat kali Senin berjualan di pasar kuliner pangan lokal dan pangan murah berkualitas ini. Dimulai Senin (23/9). Saya tahu  pemerintah Kabupaten Sijunjung membuka pasar kuliner, setelah suami saya membaca koran di warung kopi,” aku Riana.

Karena  peluang untuk tambahan pendapatan, Riana berharap pasar kuliner pangan lokal dan pangan murah berkualitas ini tetap dibuka setiap Senin ke depan, dengan pengunjung yang lebih ramai.

Adanya masyarakat yang merasa terbantu dengan dibukanya pasar kuliner pangan lokal dan pangan murah berkualitas ini, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Nizam Ul Muluk selaku ketua pelaksna, bersyukur  kehadirat Allah SWT.

Disamping melestarikan makanan khas daerah serta mendukung Geopark Nasional Silokek, pasar kuliner pangan lokal dan pangan murah berkualitas yang dibuka   setiap Senin, tujuannya juga untuk membantu pedagang dalam menjual berbagai makan dan sambal yang mereka buat serta membantu masyarakat dalam mendapatkan makan dan sambal berharga murah yang mereka inginkan.

“Supaya tujuan tercapai, berbagai peralatan yang diperlukan untuk berjualan, seperti tenda, meja dan kursi, kita sediakan secara gratis. Kalau ada masyarakat yang merasa terbantu, tentunya kita bersyukur  kehadirat Allah SWT,” kata Nizam Ul Muluk. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.