Portal Kabupaten Sijunjung

OSIS SMAN 4 Sijunjung Adakan Lomba Tahfidz

0

Kupitan, MC Sijunjung – Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Sijunjung menyelenggarakan gebyar OSIS III, Jumat dan Sabtu (28-29/2).

Jumat, gebyar OSIS diisi dengan lomba Tahfidz (hafal) Al Quran tingkat SLTP dan SLTA. Sabtu, kegiatannya lomba lari 5 kilometer yang pesertanya mengundang siswa siswi berbagai SLTP dan SLTA dalam Kabupaten Sijunjung. .

Lomba Tahfidz Al Quran yang dilaksanakan pada mushalla SMAN 4  yang terletak di Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sijunjung, H. Afrizal Thaib.

Pembukaan lomba yang berlangsung dalam nuansa Islamiyah, dihadiri wakil ketua DPRD Kabupaten Sijunjung; Syofian Hendri, Kasi Pendidikan Agama Islam Kantor Kemenag; Baktiar, kepala SMAN 4 Drs. Rahmad, MM besama majelis guru, tata usaha dan pengurus OSIS serta dewan juri, guru pendamping siswa dan peserta lomba yang jumlahnya lebih kurang 70 orang.

Kepala Kantor Kemenag Afrizal Thaib mengaku salut, bangga dan mengapresiasi pengurus OSIS SMAN 4 Sijunjung yang memprakarsai dan menyelenggarakan lomba Tahfidz  Al Quran tingkat SLTP dan SLTA, dengan doa dan harapan kegiatan serupa dicontoh dan diselenggarakan juga oleh pengurus OSIS SLTA lain yang ada dalam Kabupaten Sijunjung.

“Terus terang saya salut, bangga dan mengapresiasi pengurus OSIS SMAN 4 yang memprakarsai dan menyelenggarakan lomba Tahfidz  Al Quran tingkat SLTP dan SLTA, dengan doa dan harapan kegiatan serupa dicontoh dan diselenggarakan juga oleh pengurus OSIS SLTA lain yang ada dalam Kabupaten Sijunjung,” harap Afrizal Thaib.

OSIS SLTA lain juga telah memprakarsai dan menyelenggarakan berbagai kegiatan. Namun kebanyakan kegiatan yang diadakan pertandingan olahraga dan lomba di bidang kesenian.

Artinya, di tengah yang lain sibuk dengan kegiatan dunia yang hanya persinggahan bagi manusia, pengurus OSIS SMAN 4 melaksanakan kegiatan yang sangat berguna untuk mengharungi hidup dan kehidupan di Akhiat yang kekal dan abadi.

“Karena itu, saya berharap kegiatan yang bernafas Islam ini dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahun, supaya peserta lomba yang merupakan generasi pelanjut pembangunan bangsa dan agama,  termotivasi untuk menghafal Al Quran,” kata Afrizal Thaib.

Selain membuka lomba Tahfidz Al Quran, kepala Kantor Kemenag Afrizal Thaib juga menyerahkan 12 kitab suci Al Quran sebagai hadiah tambahan bagi peserta lomba yang berhasil meraih juara.

Senada dengan kepala Kantor Kemenag, wakil ketua DPRD Syofian Hendri juga mengapresiasi pengurus OSIS SMAN 4 Sijunjung yang telah memprakarsai dan menyelenggarakan kegiatan yang intinya menseimbangkan ilmu pengetahuan umum dengan ilmu agama.

Untuk itu, sebagai wakil rakyat, Syofian Hendri mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah, majelis guru dan tata usaha SMAN 4 Sijunjung, karena kegiatan yang diselenggarakan pengurus OSIS tidak terlepas dari bimbingan dan binaan kepala sekolah, majelis guru dan tata usaha.

Sementara kepala SMAN 4, Rahmad mengatakan, disamping memajukan sekolah yang dia pimpin, tujuan lomba Tahfidz  Al Quran yang diselenggarakan pengurus OSIS adalah untuk  memotivasi siswa dalam menghafal Al Quran.

Begitu pula  lomba lari 5 kilometer yang diselenggarakan. Disamping memajukan SMAN 4,  juga untuk mempererat silaturrahmi sesama siswa serta melahirkan atlit lari yang handal untuk memperkuat kontingen Kabupaten Sijunjung dalam mengikuti pekan olahraga provinsi (Porprov) Sumbar dan kejuaraan atletik lainnya. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.