Portal Kabupaten Sijunjung

Menghitung Angka Insiden Covid-19 Secara Real, Pemkab Sijunjung Lakukan Pool Test Swab

0

MC Sijunjung – Hari ini Senin (22/6), Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung melaksanakan kegiatan pool test swab Covid-19 di Halaman Dinas Kesehatan setempat.

Adapun masyarakat yang ikut pool test saat ini (red-senin) sebanyak 410 orang berasal dari wilayah kerja Puskesmas  Sijunjung, Gambok, Padang Laweh, Lubuk Tarok dan Muaro Bodi.

Kemudian, besok Selasa 23 Juni 2020 diadakan di Puskesmas Tanjung Ampalu yang merupakan masyarakat berasal dari wilayah kerja Puskesmas Tanjung Ampalu, Sumpur Kudus, Kumanis dan Padang Sibusuk.

Selain itu, Selasa 23 Juni 2020 juga dilaksanakan di Puskesmas Sungai Lansek dari wilayah kerja Puskesmas Tanjung Gadang, Sungai Lansek, Kamang Baru dan Air Amo.

Saat dikonfirmasi MC Sijunjung, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, drg Ezwandra menyebutkan kegiatan pool test itu diikuti oleh ribuan masyarakat yang tersebar disetiap Nagari di Kabupaten Sijunjung.

“Insyallah jumlah keseluruhan masyarakat yang ikut pool test swab Covid-19 ini sebanyak 1.662 orang,” ungkap Ezwandra diruang kerjanya, Senin (22/6).

Dikatakannya, tujuan kegiatan ini berdasarkan laporan yang ada, data di Sumatera Barat memperlihatkan ada lima kabupaten dan kota, salah satunya Kabupaten Sijunjung tidak ditemukan perkembangan virus yang masif, bahkan tidak ada satupun orang yang terinfeksi Covid-19 karena sudah sembuh dari Positif Covid-19.

“Apakah jumlah infeksi yang kecil ini menggambarkan angka sebenarnya atau karena jumlah pemeriksaan sampel yang sedikit. Oleh sebab itu, maka di Kabupaten Sinjunjung dilakukan pool test guna untuk memastikan angka insiden Covid-19 di setiap daerah secara real,” terangnya.

Dijelaskan Kadis Kesehatan, pool test itu merupakan metode pemeriksaan kelompok, dimana sampel individual digabung ke dalam satu pool sampel untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap pool tersebut.

“Langkah ini pemeriksaan PCR dengan sampel yang besar dalam waktu pendek untuk dilakukan pendekatan laboratorium dengan teknik pool test, mudah-mudahan angka ini akan menjadi pedoman dalam mengambil kebijakan terkait upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Ranah Lansek Manih,” ujarnya.

Sebelumnya, seperti yang diberitakan Sabtu (20/6) kemaren, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Rizal Efendi selaku Juru bicara Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sijunjung mengatakan pelaksanaan pool test itu berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Nomor : 443.3/126/Dinkes-P2P/VI/2020. “Dengan perihal data jumlah penduduk dan KK per Nagari untuk dilakukan pool test dalam survei cepat insiden Covid-19 di Kabupaten Sijunjung untuk menghitung angka insiden Covid-19 secara real,” ungkap Rizal.

Dikatakannya, pelaksanaan pool test itu akan dilaksanakan di delapan Kecamatan oleh Dinas Kesehatan melalui wilayah kerja Puskesmas masing-masing.

“Swab massal ini ditujukan kepada masyarakat umum ditiap Nagari secara gratis,” terangnya.

Ia berharap setelah diadakan pool test tersebut agar bisa memastikan bahwa kabupaten sijunjung memang benar-benar pada zona hijau.

“Saya selaku juru bicara Penanganan Covid-19, juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang beraktifitas di kenormalan baru saat ini tetap patuh kepada protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, jaga jarak dan menjaga pola hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.(Dicko)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.