Portal Kabupaten Sijunjung

KPPN Sijunjung Serahkan DIPA

0

Muaro, MC Sijunjung – Aparatur Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sijunjung serahkan 46 Dafar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2020 kepada 46 Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), di aula KPPN tersebut, Selasa (3/12).

DIPA yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati  H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, diterima KPA dari Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya yang merupakan wilayah kerja KPPN Sijunjung.

Seiring dengan penyerahan DIPA, guna mencegah terjadinya gratifikasi (suap), dilaksanakan penandatanganan pakta integritas oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat; Ade Rohman selaku pihak pertama dengan Kepala KPPN Sijunjung; Elwy Syahdely sebagai pihak kedua dan KPA selaku pihak ketiga.

Selain menyerahkan DIPA dan menyaksikan penandatanganan pakta integritas secara simbolis, Bupati  Yuswir Arifin menerima penghargaan dari Kepala KPPN Sijunjung, Elwy Syahdely atas sinergi dan koordinasi positif dalam mensukseskan pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan dana desa 2019.

Dalam rangkaian acara itu Bupati Yuswir Arifin mengatakan, penyerahan DIPA merupakan komitmen dan langkah nyata pemerintah agar pelaksanaan pembangunan serta pencairan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya dan di Kota Sawahlunto dapat dimulai lebih awal, supaya manfaatnya cepat dirasakan oleh masyarakat.

“Kepada para kepala Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan pemerintah Kabupaten Sijunjung saya selalu berharap dan mengimbau supaya melaksanakan kegiatan di awal tahun agar kegiatan yang dikerjakan cepat selesai.

Dalam kesempatan baik ini, saya juga menyampaikan harapan dan pesan yang sama kepada kita semua. Jangan mengulur-ngulur waktu dan membuang-buang kesempatan supaya penyelesaian kegiatan tidak dipacu di akhir tahun,” harap Bupati Yuswir Arifin.

Sementara Kepala KPPN Sijunjung, Elwy Syahdely dalam kesempatan itu menginformasikan kondisi pelaksanaan anggaran belanja APBN di wilayah kerja KPPN Sijunjung yang meliputi Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya dan  Kota Sawahlunto.

Elwy Syahdely mengatakan, secara agreget pagu belanja pemerintah pusat dan TKDD 2019, sampai 28 November 2019 telah terealisasi Rp2,34 triliun (87,33 persen) dari total pagu Rp2,68 triliun.

Alokasi belanja pemerintah pusat melalui DIPA Satker kementerian/lembaga pada  Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya dan  Kota Sawahlunto, telah terealisasi Rp347,45 miliar (87,65 persen) dari Rp396,39 miliar pagu DIPA Satker kementerian/lembaga.

Tingkat realisasi anggaran ini meningkat dibandingkan tingkat penyerapan pada periode yang sama di 2018, baik secara nominal mau pun dalam persentase.

Peningkatan ini menunjukan bahwa pelaksanaan anggaran Satker kementerian/lembaga 2019 di wilayah kerja KPPN Sijunjung sudah bejalan lebih baik sebagai dampak dari penetapan DIPA lebih awal dan pelaksanaan lelang lebih awal serta perencanaan anggaran yang lebih matang, jelas Elwy Syahdely. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.