Portal Kabupaten Sijunjung

Jaga Ketahanan Pangan, Kapolres Sijunjung Bersama Bupati Yuswir Arifin Lakukan Panen Ikan Raya

0

MC Sijunjung – Kepolisian Resor (Polres) Sijunjung menjalankan program ketahanan pangan dengan budidaya ikan lele sebagai wujud kongkrit upaya menjaga ketersediaan pangan di tengah pandemi Covid-19.

Pada saat itu, Kapolres AKBP Andry Kurniawan, SIK bersama Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin serta Dir Intelkam Polda Sumbar, Kombespol Heri Prihanto, SIK melakukan panen raya ikan lele di kolam ikan tabek nan janiah di Jorong Muaro Gambok, Nagari Muaro , Kamis (9/7).

Kapolres AKBP Andry Kurniawan, SIK mengungkapkan pihaknya menggelar panen raya ikan lele dalam rangka Ketahanan Pangan Nusantara dalam situasi mengantisipasi ekonomi masyarakat dampak Pandemi.

“Dampak dari pandemi Covid-19, akan sangat berpengaruh terhadap hasil pertanian dan perikanan. Sehingga perlu adanya antisipasi dengan menciptakan lahan pertanian baru, kita harapkan mampu menghasilkan stok pangan agar tidak terjadi kelangkaan bahan pangan disaat New Normal saat ini,” ujar AKBP Andry.

Ia berharap dengan adanya acara panen raya ini menjadi contoh dan menular ke Kecamatan dan Nagari-nagari lainnya diwilayah Kabupaten Sijunjung.

Kemudian, Dir Intelkam Polda Sumbar Kombespol Heri Prihanto, SIK juga menyebutkan panen raya itu dilakukan secara serentak diseluruh wilayah Polda Sumbar.

“Kegiatan ini merupakan sebagai upaya mendukung kebijakan Kapolri dalam menjaga ketersediaan pangan saat pandemi Covid-19,” terangnya.

Kombespol Heri berharap dengan ada program pangan dalam membudidaya ikan mampu membantu menjaga ketahanan pangan masyarakat ditengah pandemi covid 19.

Sementara Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin mengapresiasi program ketahanan pangan nusantara itu.

“Kedepannya budidaya ini menjadi salah satu sumber daya yang akan diandalkan dalam memenuhi kebutuhan pangan dan pemberdayaan ekonomi di tengah masyarakat, khususnya di Ranah Lansek Manih,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati, Kabupaten Sijunjung hampir setiap nagari memiliki potensi sungai larangan.

“Jadi, disamping mempunyai kolam ikan, setiap nagari itu pasti memiliki sungai larangan. dengan dilakukan panen ikan tentu akan terasa imbas kenaikan ekomoni bagi masyarakat,” pungkasnya.

Hadir kesempatan itu, Unsur Forkopimda Sijunjung, Kepala OPD terkait, Camat Sijunjung dan Wali Nagari Muaro serta PJU dan Kapolsek jajaran Polres Sijunjung.(Dicko)

Sumber : Kasubbag Humas Polres Sijunjung, Iptu Nasrul Nurdin

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.