Portal Kabupaten Sijunjung

HJK Sijunjung ke-71, Bupati Yuswir Arifin Launching Batik Ceta Bacorak

0

MC Sijunjung – Bertepatan di Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung ke-71, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin melaunching batik ceta bacorak yang merupakan ciri khas Ranah Lansek Manih di Lapangan M.Yamin Muaro, Kamis (13/2).

Motif ceta bacorak ini adalah lansek manih yang merupakan ikon kabupaten sijunjung dan mempunyai kearifan lokal serta nilai historis.

Pada acara launching itu terlihat 71 para model pun berlenggak-lenggok sambil mengenakan batik ceta bacorak dengan berbagai motif.

Saat dikonfirmasi MC Sijunjung, Bupati Yuswir Arifin menyebutkan selain memiliki kampung adat yang menggambarkan sistem matrilineal, Sijunjung juga memiliki sejarah warisan kain ceta yang sudah berkembang sejak abad ke-13.

“Terurai dalam kalimat, terangkai dalam peradaban budaya yang penuh makna, motif ceta bacorak ini menceritakan tentang proses lahirnya nama sijunjung,” ungkapnya.

Diceritakannya, nama sijunjung hadir terkait kepada nama Syekh Abdul Muchsin yang punya andil dalam menyelamatkan anak gadis mereka disungai ketika masyarakat sedang rapat membentuk nagari.

“Anak gadis itu konon berasal dari keturunan bangsawan yang bergelar puti, sehingga masyarakat menghormatinya, peristiwa itu disepakati menjadi nama nagari Si Puti Junjuang dan lama kelamaan popular dengan nama Sijunjung,” jelasnya secara singkat.

Dikatakan Yuswir, dalam proses produksi ceta bacorak ini dilakukan dengan tiga cara pembuatan, pertama dengan ceta tulis, ceta tulis ini adalah cara pembuatan kain itu menggunakan tangan dan alat bantu canting dalam membentuk motif atau corak.

Kemudian, kedua dengan ceta cap, ceta cap adalah pembuatan corak dan motif dengan menggunakan cap atau stempel yang terbuat dari tembaga dan cara ketiga dengan menggunakan ceta lukis, ceta lukis adalah cara melukis pada kain putih dengan menggunakan bahan kemudian diberikan warna sesuai kehendak.

Hadir kesempatan itu, Wakil Bupati Arrival Boy, Ketua DPRD Sijunjung, Bambang Surya Irwan, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Muaro, Ketua Pengadilan Agama Sijunjung, Sekteris Daerah Zefniha, Ketua TP-PKK Kabupaten dan Wakil, Ny. En Yuswir Arifin dan Ny, Ria Arrival Boy, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Ibu-ibu Indo Jalito Peduli serta undangan lainnya.(Dicko)@infopublik.sijunjung.go.id.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.