Portal Kabupaten Sijunjung

Gunung Sewu UNESCO Global Geopark, Ini Penjelasan GM Budi Martono Pada Bupati Sijunjung, “Begitu Indahnya Geopark Silokek, Ngarai Sianok dan Sawahlunto”

0

Gunung Kidul, MC Sijunjung – Ternyata Gunung Sewu kembali berhasil mempertahankan keanggotaannya di UNESCO Global Geopark (UGG). Hal itu dijelaskan GM Gunung Sewu, Budi Martonok, kehadapan Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Drs. Yuswir Arifin,MM dt Indo Marajo dan puluhan wartawan serta pimpinan OPD dalam temu ramah bersama Bupati Gunung Kidul, Hj. Badingah, S.Sos. Temu ramah tersebut dilaksanakan di Pendopo Bangsal Sewoko Projo, Kabupaten Gunung Kidul, Kamis (26/9/19).

Secara gamblang, GM Gunung Sewu, Budi Martonok memaparkan soal Gunung Sewu. Bahkan Budi mengakui bangga dengan keindahan Geopark Silokek Sijunjung. “Begitu Indahnya Geopark Silokek, Ngarai Sianok dan Sawahlunto,” ucap GM Gunung Sewu, Budi Martonok mengakui Sumatera Barat.

Menurut GM Gunung Sewu, Budi Martonok , bahwa sesuai simposium Asian Pasific Geopark Network (APGN) yang berlangsung di Geopark Rinjani, Lombok pada 2-6 September 2019. Rencananya selain sektor pariwisata, konservasi kawasan karst juga akan ditingkatkan.

Soal kuliner, kata GM Gunung Sewu, Budi Martonok , juga salahsatu pendukung perkembangan wisata.

Seperti juga dilansir media setempat , melalui sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono, dari sidang Dewan UNESCO yang membidangi geopark menyimpulkan bahwa hasil revalidasi Geopark Gunungsewu masih layak menjadi anggota UGG.

“Dari sidang UGG Council, kita (Geopark Gunungsewu) berhasil meraih green card,” kata Hary seperti lansir kompas.com

Status UGG yang diperoleh memiliki makna penting untuk keberadaan kawasan karts Gunungsewu, selain untuk menjaga keberadaan situs dengan upaya konservasi, juga berperan untuk program edukasi dan pemberdayaan masyarakat.

“Kami siap datang ke Sijunjung saat musim duren karena enak duriannya. Gunung Sewu terkenal dengan ternak sapi yang dibudidayakan dan itu yang menyatu dengan Gunung Sewu,” ucap GM Gunung Sewu, Budi Martonok kehadapan rombongan Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, Asisten III, dr. Edwin Suprayogi,M.kes, Kadis PUPR Ir. Budi Syafarman, Kadis Parpora Afrenaldi, Kabag Umum Jasril, Kabag Humas Yunani, Kasubag Humas Azneldi, Kasubag Pemberitaan Sri Maryati dan puluhan wartawan.

Temu ramah tersebut juga dihadiri Bupati Gunung Kidul, Hj. Badingah,S.Sos sendiri didampingi Kepala Dinas Kominfo, Kelik Yuniantoro, Kepala Dinas Pariwisata (Asti Wijayanti), Asisten 2 Setda, Azman Latif , dan GM Gunung Sewu Geopark Budi Martono.(yola/sap)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.