Portal Kabupaten Sijunjung

Disdikbud Kabupaten Sijunjung Terima Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi

0

Muaro, MC Sijunjung – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, Kamis (10/9/20).

Kunker DPRD Tanjung Jabung Barat ini adalah dalam rangka konsultasi dan koordinasi terkait  program Pendidikan di Kabupaten Sijunjung, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini.

Sekretaris Dinas Dikbud, H. Syamsul Bahri S.Pd.MM menyampaikan kepada MC Sijunjung melalui WhatsApp, Kamis malam (10/9/20) menyebutkan kunjungan DPRD Tanjung Jabung Barat ini dipimpin Ketua Komisi I membidangi pendidikan, H.Suhatmeri, SH dan didampingi Subari,S,ag, Jamal Darmawan SIE,SE, H.Syaifuddin SE, Budi Azwar, Rayun, Hj.Erliani, Ns,Neli S.Kep dan H.Abdurrahman

“Kunjungan ini disambut Kadis Dikbud, Ramler, SH.MM didampingi Sekretaris H. Syamsul Bahri S.Pd.MM , Kabid Paud dan PNF , Hendri Nurka,S.Sos  serta pejabat fungsional  lingkup Bidang  Paud dan PNF di Aula Pertemuan Dinas Pendidikan tersebut”,ujarnya.

Beberapa hal yang dikonsultasikan terkait pengelolaan Paud di Sijunjung ini jelas Syamsul antara lain, Kebijakan Anggaran  Bantuan PAUD khususnya  melalui dana  APBD , Transparansi dan mekanisme  pengelolaan  keuangan  yang didanai melalui APBN, Standarisasi  Kompetensi Pendidik Paud, Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal ( SPM ) dan yang lebih khusus lagi terhadap kesejahteraan Pendidik PAUD.

Kadis Ramler dikesempatan itu juga memaparkan Profil Kabupaten Sijunjung, RPJMD dan Renstra Dinas secara rinci terhadap Profil Paud Sijunjung dari awal 2007 yang dimulai dengan PADU dan beberapa prestasi yang telah dicapai sampai saat ini

Prestasi ini ditandai dengan beberapa penghargaan yang diterima seperti 4 ( empat ) kali Rekor Muri,  Cipta lagu terbanyak, melukis terpanjang, Pembuatan APE dengan bahan limbah, Penampilan kreatifitas anak Paud berpakaian unik dan penghargaan kepada Bupati Yuswir Arifin beberapa kali diminta sebagai narasumber di Tingkat Nasional demikian juga Bunda Paud En Yuswir Arifin.

Selain itu lebih jauh Ramler SH,MM memaparkan bahwa untuk mewujutkan Paud berkualitas di  semua lembaga paud maka dibangunlah Paud rujukan atau percontohan sebagai tempat magang oleh tenaga pendidik di Kabupaten Sijunjung bahkan oleh beberapa daerah tetangga.

Untuk standarisasi pendidik paud selain melalui program perkuliahan dilaksanakan kerjasama dengan UNP dalam bentuk diklat atau pelatihan dan semua itu dijelaskan Ramler secara gamlang dan penuh persahabatan.

Syamsul Bahri menyebutkan, khusus dalam pemberian insentif PAUD atas kepedulian yang tinggi, Pemerintah Daerah Sijunjung mulai tahun 2012 telah mengalokasikan anggaran untuk itu, bahkan untuk tahun 2020 ini dialokasikan sekitar Rp.4,135 miliyar untuk 829 orang pendidik paud yang diberikan secara bervariasi.

Terakhir, Syamsul menyebutkan Kepala Dinas Dikbud, Ramler mengajak DPRD Tanjung Jabung Barat selalu bekerjasama dengan Pemerintah Sijunjung dalam memajukan pendidikan khususnya mewujudkan paud berkualitas menuju Indonesia Emas 2045.(Andri)/infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.