Portal Kabupaten Sijunjung

Disaksikan Bupati Yuswir Arifin, Pengurus PWI Sijunjung Resmi Dikukuhkan

0

Muaro, MC Sijunjung – Sebanyak 12 orang pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sijunjung periode 2020-2023 resmi dikukuhkan Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat, Heranof Firdaus.

Pengukuhan pengurus PWI Sijunjung berdasarkan Surat Keputusan PWI Provinsi Sumatera Barat NO:028/PWI-SB/02-2020 tentang pengesahan susunan pengurus PWI Kaubupaten Sijunjung masa bakti 2020-2023.

Pengukuhan tersebut disaksikan Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin dan Arrival Boy, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Sofian Hendri serta Unsur Forkopimda Kabupaten Sijunjung dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati setempat, Jumat (28/2).

Adapun Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sijunjung terpilih yakni, Rusli Jawaher, sedangkan Sekretaris, Martius dan Bendahara, Masharianto serta beberapa seksi-seksi pada organisasi PWI tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Yuswir Arifin mengucapkan selamat atas dikukuhkan kepengurusan PWI Kabupaten Sijunjung periode 2020-2023. “Selamat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan amanah yang telah diberikan.”ucapnya.

Ia mengajak seluruh insan pers di Kabupaten Sijunjung memupuk kesadaran dan komitmen wartawan Indonesia untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya pembangunan di Ranah Lansek Manih.

“Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) adalah salah satu sarana penyampaian informasi, baik pemerintah ke masyarakat, maupun sebaliknya di era transformasi media saat ini,” jelasnya.

Oleh karena itu, Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tidak sebar hoax apapun itu beritanya, dan mengharapkan kepada seluruh insan media pers untuk bekerjasama dengan memberitakan berita yang sesuai fakta dan bisa sebagai penetralisir adanya berita hoax.

Sebelumnya, Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat, Heranof Firdaus menyebutkan akan selalu berkomitmen mengawal dan mengontrol kebijakan pemerintah sesuai kode etik jurnalistik.

“Saya berharap PWI Sijunjung bisa mengawal dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Mulai dari satuan atas sampai bawah, Demi Sijunjung Maju Sijunjung Jaya sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati,” tegasnya.

Selain itu, Ia juga meminta kepada PWI Sijunjung ciptakan kader-kader wartawan dan pembinaan terhadap kompetensi jurnalis muda.

Dikatakan Heranof, di era seperti sekarang ini semua orang bisa menjadi wartawan, maka dari pada itu jadilah wartawan yang professional, karena banyak oknum wartawan yang mengaku-ngaku  senior.

“Didalam Undang-undang pers itu diatur siapa wartawan dan mana wartawan. Dewan Pers dikasih kewenangan memberi peraturan yaitu perusahaan pers harus mempunyai legalitas dan wartawan harus ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW),” pungkasnya.(Dicko)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.