Portal Kabupaten Sijunjung

Dinas SP3A  Adakan Rapat Koordinasi PKH

0

Muaro, MC Sijunjung – Aparatur Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (SP3A) Kabupaten Sijunjung mengadakan rapat koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) dan sosialisasi dukungan keluarga terhadap lanjut usia, di Balairung Lansek Manih, Kamis  (14/11).

Rapat dan sosialisasi yang dibuka Sekdakab Sijnjung, Zefnihan, diikuti utusan Organisasi Peangkat Daerah (OPD), camat, walinagari, pimpinan Puskesmas, pengawas SD, SLTP dan SLTA, pengurus PKK, BPN dan KAN, keluarga penerima bantuan lanjut usia dan penerima bantuan tambahan makanan bergizi serta pendamping PKH dan Petugas Sosial Masyarakat (PSM) sebagai pendamping lanjut usia.

Sekdakab mengatakan, rapat koordinasi yang dilaksanakan, disamping  sangat strategis untuk mengevaluasi pelaksanaan PKH di Kabupaten Sijunjung, juga beguna  untuk mempercepat graduasi bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah mampu.

Sebagaimana diketahui, PKH adalah salah satu program pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan, dengan memberikan bantuan tunai bersyarat, yaitu pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial.

Tujuan PKH dalam jangka pendek, dapat mengurangi beban pengeluaran peserta. Dalam jangka, menengah diharapkan peserta PKH dapat merubah perilaku dalam mengakses pelayanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial, sehingga menghasilkan generasi yang sehat dan cerdas.

Sedangkan tujuan dalam jangka panjang,  PKH dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi sekaligus merupakan cikal bakal pengembangan sistim layanan pendidikan, kesehatan, pangan dan gizi termasuk juga untuk menghilangkan kesenjangan sosial.

Disamping itu, PKH juga program lintas sektor. Karena itu  diharapkan kepada perangkat daerah terkait yang tergabung dalam tim koordinasi teknis PKH bekerja sama dan meningkatkan koordinasi dalam melaksanakan.

Sementara kepada tim teknis, diharapkan lebih responsif  dalam memberikan pelayanan kesehatan, pendidikan dan pelayanan kesejahteraan sosial, harap Sekdakab  Zefnihan.

Kepala SP3A Kabupaten Sijunjung, Yofritas selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan penyelenggaraan rapat koordinasi PKH dan sosialisasi dukungan keluarga terhadap lanjut usia, adalah menyamakan persepsi dan sikronisasi pemangku kepentingan dalam pelaksanaan PKH sekaligus sebagai wadah untuk mengevaluasi pelaksanaan PKH serta percepatan graduasi bagi KPM yang sudah mampu.

Tujuan lain mengoptimalkan dan meningkatkan peranserta anggota keluarga dalam memberikan dukungan kepada lanjut usia di Kabupaten Sijunjung.

Supaya tujuan tercapai sesuai sasaran dan harapan, nara sumber yang menyajikan materi dalam rapat koordinasi PKH dan sosialisasi dukungan keluarga terhadap lanjut usia, pejabat dari Kemenerian Sosial dan dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat serta Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.