Portal Kabupaten Sijunjung

Dinas SP3A  Adakan Pembekalan Karang Taruna

0

Sijunjung. MC. Sijunjung, – Aparatur Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (SP3A) Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan pembekalan Karang Taruna, di aula Dinas Pekerjaan  Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat, Senin (14/10).

Pembekalan yang dibuka Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin (Kabid PSPFM) Dinas SP3A, Dra. Basinar, diikuti 75 peserta yang terdiri dari pengurus Forum Karang Taruna Kabupaten Sijunjung, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) serta pengurus Karang Taruna dari berbagai nagari dalam Kecamatan Koto VII dan Sumpur Kudus.

Supaya pembekalan yang diselenggarakan berjalan lancar serta mencapai sasaran sesuai tujuan dan harapan, selain alat tulis, panitia pelaksana juga menyediakan rompi, snag, makan siang dan uang transportasi untuk seluruh peserta.

Sedangkan nara sumber yang menyajikan materi dalam pembekalan itu, adalah Widyaswara Madya Balai Besar Diklat Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera Kementerian Sosial RI, H. Mirsal Gani.

Kabid PSPFM Basinar ketika membuka pembekalan itu mengatakan, keorganisasian Karang Taruna berada di nagari yang diselenggarakan secara otonom oleh masyarakat.

Bersama pemerintah dan komponen masyarakat,  tugas pokok Karang Taruna adalah menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial, terutama   masalah kesejahteraan sosial yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif dan rehabilitative mau pun pengembangan potensi.

Karena itu, disamping lebih berperan aktif, Karang Taruna juga diharapkan  meningkatkan koordinasi serta menjalin sinergi dengan berbagai elemen pembangunan kesejahteraan sosial di tingkat nagari.

Selain itu, Karang Taruna juga diharapkan mau dan mampu memanfaatkan potensi dan sumber kesejahteraan sosial yang ada di nagari, karena  di tingkat nagari cukup banyak potensi dan sumber kesejahteraan sosial yang bisa diakses dan dimanfaatkan serta diberdayakan untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial yang muncul.

“Dengan makin berperan aktifnya Karang Taruna, kita berharap pembangunan kesejahteraan sosial di nagari lebih baik serta lebih berhasil dan mencapai tujuan,” harap Kabid PSPFM Basinar.

Kepala Seksi  Pendataan Kemiskinan dan Pembinaan Kelembagaan Sosial (Kasi PKPKS) Dinas SP3A, Samratuaini, SE selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan penyelenggaraan pembekalan Karang Taruna, disamping menggelorakan semangat juang, juga menciptakan pengurus dan anggota Karang Taruna yang terampil dan berkepribadian serta berpengetahuan.

Tujuan lain, agar terjalin kerjasama antar pengurus Karang Taruna dalam mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat, terutama kesejahteraan sosial generasi muda sebagai generasi penerus pembangunan.

Supaya tujuan tercapai sesuai sasaran dan harapan, nara sumber yang menyajikan materi dalam pembekalan, adalah Widyaswara Madya Balai Besar Diklat Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera Kementerian Sosial, Mirsal Gani, jelas Kasi PKPKS, Samratuaini. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.