Portal Kabupaten Sijunjung

Dalam November Bupati Terima Dua Anugerah dan Dua Penghargaan

0

Muaro, MC Sijunjung – Dalam November 2019 ini, Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo menerima dua anugerah dan dua penghargaan dari pemerintah pusat.

Dua anugerah yang diterima, adalah Anugerah Pesona Indonesia  2019, atas keberhasilan songket Unggan dan perkampungan adat Nagari Sijunjung terpilih sebagai  juara dua kategori terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia 2019.

Sedangkan dua penghargaan, adalah penghargaan sebagai Tim Inovasi Kabupaten (TIK) terbaik tiga dalam memberikan dukungan pelaksanaan program inovasi desa 2019 dan penghargaan atas dukungan pelaksanaan program inovasi desa selama tiga berturut-turut, 2017, 2018 dan 2019, kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten (Kabag Humas dan Protokol Setdakab) Sijunjung, Drs. Yunani, SE, M. Si, Kamis (28/11), di ruang kerjanya.

Anugerah Pesona Indonesia  2019 yang diterima bupati dari Kementerian  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, diserahkan Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural,  Guntur Sakti, di gedung Sapta Pesona Balairung Soesilo Siedarman Kementerian  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta, Jumat (22/11).

Ketika menerima anugerah yang cukup bergensi itu, bupati didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga; Afrineldi, Kabag Humas dan Protokol;  Yunani serta Kasubag Protokol; Novdel Pendri Adninggoro.

Songket Unggan dan perkampungan adat Nagari Sijunjung terpilih sebagai  juara dua kategori terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia 2019, karena sudah dikenal di tingkat Nasional dan Internasional.

Songket Unggan dikenal di tingkat Nasional, karena pernah dipamerkan dan dipromosikan  pada Iven The 18th Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft 2016), di Jakarta Convention Center (JCC).

Sedangkan perkampungan adat di Jorong Koto Padang Ranah dan Jorong Tanah Bato dalam Nagari Sijunjung, adalah wisata budaya yang sekarang telah mendunia. Perkampungan adat itu merupakan kawasan eksotik yang memiliki 76 unit rumah gadang yang berfungsi sebagai tempat hunian dan tempat prosesi adat budaya masyarakat Nagari Sijunjung, kata Yunani.

Sementara penghargaan TIK terbaik tiga dalam memberikan dukungan pelaksanaan program inovasi desa 2019 dan penghargaan atas dukungan pelaksanaan program inovasi desa selama tiga berturut-turut, diterima bupati dari Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Kedua penghargaan itu, diserahkan langsung oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar kepada Bupati Yuswir Arifin, di hotel Merlyn Park Jakarta, Senin (25/11).

Ketika menerima penghargaan itu, bupati didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung; Khamsiardi, Kasi Fasilitasi Perencanaan Pembangunan Nagari DPMN; Ade Primawati serta Koordinator Tenaga Ahli Program Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat Desa (TAP3MD); Robinof Adeti Putra, jelas Kabag Humas dan Protokol, Yunani. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.