Portal Kabupaten Sijunjung

Bupati Yuswir Arifin : Alumni STIPER DIharapkan Buka Lapangan Kerja

0

Muaro, MC Sijunjung – Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Sijunjung melaksanakan Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana angkatan ke – VII tahun 2019 di Gedung Pancasila Muaro, Senin (28/10/19) lalu.

Kegiatan itu dihadiri Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Bambang Surya Irwan, Kepala LLDikti Wilayah X diwakili oleh Ida Suryanti, Endre Saifoel, para wisudawan dan tamu undangan.

Pada kesempatan itu, Bupati Yuswir Arifin berpesan kepada para wisudawan untuk tidak terlalu berharap untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Jangan terlalu berharap untuk menjadi ASN. Berpikirlah untuk membuka lapangan kerja, walau usaha kecil-kecilan, tapi saudara bosnya,” pungkasnya.

Sementara dalam laporan panitia, Riza Andesca Putra mengatakan, tahun ini STIPER mewisuda 40 orang mahasiswa angkatan ke-VII.

“40 orang itu, yakni 19 orang mahasiswa program studi Agroteknologi, 11 orang mahasiswa program studi Peternakan dan 10 orang mahasiswa dari program studi agribisnis,” ujarnya.

“Mudah-mudahan para wisudawan ini dapat mengimplementasikan ilmunya di kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Dikatakan Reza, Selain kegiatan Wisuda, adanya pameran produk-produk pertanian dan peternakan hasil karya mahasiswa dan dosen STIPER Sawahlunto Sijunjung seperti, produk-produk teknologi hasil pertanian yaitu jamur tiram putih, sayur organik serta aneka bibit tanaman buah.

Kemudian, produk-produk peternakan seperti , telur asin, itik lado hijau, jamu unggas, kerupuk kulit, nugget dan bakso crispy.

Pameran tersebut bertujuan, untuk menanamkan jiwa entrepreneurship bagi alumni STIPER, sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya dan mampu mengembangkan kreatifitasnya.

Kemudian, Ketua Yayasan STIPER, Hasrul Piliang menyampaikan tekat untuk memperbaiki kualitas STIPER.

“Kedepan kita bertekat untuk memperbaiki kualitas STIPER, namun tidak lepas dari kerjasama dengan stakholder seperti Pemerintah Daerah, Alumni dan Mitra kerjasama STIPER,” ungkapnya.

“Insyallah kita bisa meningkatkan akreditasi STIPER, sehingga STIPER memunculkan alumni-alumni yang berfikir cerdas dan dapat membuka peluang kerja,” jelasnya.(Dicko)@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.