Portal Kabupaten Sijunjung

Aparatur BAPPPEDA Sosialisasikan PPSI

0

Muaro, MC Sijunjung – Aparatur Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) Kabupaten Sijunjung mensosialisasikan Pengembangan dan Pengelolaan Sistim Irigasi (PPSI), di aula Dinas Pekerjaan  Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat, Senin (18/11).

Sosialisasi  yang dibuka Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setdakab Sijunjung, Drs. Syahrial,  MM, diikuti 90 peserta yang terdiri dari utusan OPD teknis terkait, anggota komisi irigasi, koordinator BPP kecamatan, penjaga pintu air daerah irigasi serta walinagari dan perwakilan P3A wilayah program IPDMIP.

Staf Ahli Syahrial mengatakan, dalam rencana pembangunan jangka panjang nasional 2005-2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, ketahanan sumber daya air dan ketahanan pangan yang menjadi program prioritas pemerintah di bidang irigasi, disamping untuk mencapai keberlanjutan sistim irigasi, upaya ini diharapkan dapat mendukung tercapainya swasembada beras sesuai program nawacita pemerintah Indonesia.

Supaya harapan tercapai sesuai sasaran, dilaksanakan program pengembangan dan pengelolaan sisitim irigasi melalui peningkatan sistim pengelolaan irigasi, penguatan P3A, penguatan lembaga pengelola irigasi serta rehabilitasi daerah irigasi.

Disamping itu, setiap tahun pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui APBD telah mengalokasikan dana untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui program serta kegiatan pembangunan dan rehab irigasi, fasilitas op, alsintan pertanian, membangun jalan usaha tani dan meningkatkan keterampilan petani.

Kabid Perencanaan Pisik dan Pra Sarana Bapppeda, Joni Antonius selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan penyelenggaraan sosialiasasi PPSI, menginformasikan kepada stakeholders (pemangku kepentingan) tentang peraturan perundang-undangan terkait irigasi.

Kemudian, memberikan dasar dan tuntunan dalam melaksanakan pengembangan dan pengelolaan sistim irigasi. Tersosialisasinya tugas dan tanggungjawab setiap pemangku kepentingan di urusan irigasi.

Tujuan berikutnya meningkatkan peran serta masyarakat dan terselenggaranya pengembangan dan pengelolaan irigasi secara partisipatif, terpadu, berwawasan lingkungan hidup, transparan, akuntabel dan berkeadilan dengan mengutamakan kepentingan dan peran serta masyarakat petani.

Supaya tujuan tercapai sesuai sasaran dan harapan, nara sumber yang menyajikan materi dalam sosialisasi, Bupati dan kepala PUPR Kabupaten Sijunjung, kepala Dinas PSDA Provinsi Sumatera Barat serta konsultan isai regional Sumatera Barat dan Jambi, jelas Joni Antonius. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.