Portal Kabupaten Sijunjung

655 Lansia Wisuda Khatam Al Quran

0

Muaro, MC Sijunjung – Sebanyak 655 lanjut usia (Lansia) dari berbagai nagari dalam Kabupaten Sijunjung wisuda khatam Al Quran, di gedung Pancasila, Rabu (13/11).

Wisuda yang disejalankan dengan  peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  1441 Hijriyah dan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-73, ditandai dengan penyerahan piagam oleh Kepala Kemenag Kabupaten Sijunjung, H. Afrizal dan pengalungan tanda wisuda khatam Al Quran oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Drs. Syahrial, MM kepada ke-655 Lansia itu.

Sebelum wisuda yang diselenggarakan Penyuluh Agama Islam non Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilaksanakan, ke-655 Lansia bersama panitia pelaksana dan pejabat Kemenag Kabupaten Sijunjung, pawai taaruf dari simpang lapangan sepakbola M. Yamin sampai ke gedung Pancasila.

Sesampai di gedung Pancasila, dipandu oleh Penyuluh Agama Islam non PNS Kecamatan Kamang Baru, Aliyasman, menandai khatam Al Quran, ke-655 Lansia melapaskan ayat suci Al Quran secara bersama.

Ayat suci Al Quran yang dilapaskan, surah Al Fatihah, surah Al Baqarah 1 sampai 5, Ayat Kursi, surah Al Baqarah 284 sampai 286, surah Al Ikhlas, surah Al Falaq, surah Annas dan ditutup kembali dengan melapaskan surah Al Fatihah.

Penyuluh Agama Islam non PNS Kecamatan Sijunjung, Ali Imran selaku ketua pelaksana mengatakan, ke-655 Lansia yang wisuda khatam Al Quran, adalah binaan Penyuluh Agama Islam non PNS se-Kabupaten Sijunjung yang seluruhnya berjumlah 64 orang.

Disamping sudah mampu membaca Al Quran dengan baik dan benar, sebagian dari 655 Lansia itu telah hafal surah Yasin dan hafiz juz 30, jelasnya.

Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setdakab Sijunjung, Syahrial mengatakan, Al Quran secara universal mengandung segala aspek kehidupan manusia dengan konsep dasar yang mengarahkan manusia mematuhi aqidah, syariah dan etika yang digariskan.

Karena itu, pengenalan, pendidikan dan pengajaran Al Quran harus selalu ada setiap saat, dengan prinsip menuntut ilmu tidak ada batasnya, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW ‘tuntutlah ilmu mulai dari ayunan sampai ke liang lahat’.

Untuk itu, kepada ke-655 Lansia yang wisuda khatam Al Quran, Syahrial berharap dan berpesan supaya menjadikan khatam untuk modal dalam mempelajari dan mendalami Al Quran serta mengamalkan isi kandungannya dalam mengarungi hidup dan kehidupan.

Terhadap Penyuluh Agama Islam non PNS se-Kabupaten Sijunjung yang telah membina Lansia supaya mampu membaca Al Quran dengan baik dan benar, sekaligus menyelenggarakan wisuda khatam Al Quran, staf ahli mengucapkan terima kasih dan menyatakan penghargaan dengan doa dan harapan perbuatan yang dilakukan dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT.

Berdasarkan penilaian panitia pelaksana, sebagaimana diumumkan Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, Asrizal, dari 655 Lansia yang mengikuti pawai taaruf, Lansia dari Kecamatan Kupitan, Koto VII dan Kecamatan IV Nagari, terpilih sebagai terbaik I, II dan III.

Disaming terbaik dalam pawai taaruf,  Lansia Kecamatan Koto VII, Sijunjung dan Lansia Kecamatan IV Nagari juga terbanyak dalam  hafal surah Yasin dan hafiz juz 30, sehingga menerima hadiah dari panitia pelaksana.

Wisuda yang disejalankan dengan  peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  1441 Hijriyah dan peringatan HAB Kemenag ke-73 serta diisi dengan ceramah agama oleh Kepala Kemenag, Afrizal, dihadiri Forkoimda serta kepala Kantor Urusan Agama dan Penyuluh Agama Islam non PNS se-Kabupaten Sijunjung. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.